Saturday, August 19, 2017

Ini Penjelasan lengkap tentang Flat Design!



Halo teman-teman Multimedian....!!
Mau yang iya atau tidak, kita rata-rata manusia modern selalu berhubungan dengan hal-hal Multimedia.

Termasuk Design. dari Itu Web Design, Poster, Brosur, sampai Karakter Game juga ada Designernya juga loh. Tapi tau gak kalian FLAT DESIGN itu ? sekarang Tampilan-tampilan Icon Aplikasi dari Hanphone sampai Komputer sekarang adalah berjenis Flat Design.

Sampai Tampilan Interface Website Modern sekarang menggunakan Flat Design. bahkan User Interface (UI) pada OS Windows 8.1 punya saya menggunakan tampilan Flat Design.



Terus apa sih itu FLAT DESIGN ? dari Pengertian, jenis-jenis dan Konsepnya ? 
Maka dari itu mari kita jelaskan secara rinci yang saya tau melalui refrensi Google dan pengalaman saya dalam membuat dan melihat FLAT DESIGN yang sangat enak dipandang dan sangat digemari oleh Designer Dunia. 


PENGERTIAN DAN KONSEP FLAT DESIGN 

Flat Design adalah Sebuah gaya Desain yang dimana penggunaan teknik dasarnya menghilangkan karakter gaya pada objek seakan-akan mengambang pada tampilan gambar. dalam artian menghilangkan karakter gaya pada design seperti Gradasi (Gradient), Tekstur (Texture), dan Karakter lain pada design yang digunakan untuk membuat tampilan design itu seolah-olah tiga dimensi yang rata.

Konsep Flat Design tidak melibatkan Unsur desain seperti 3D, Shadow, Gradient, Bevel , dan lain-lain. Walaupun demikian tanpa Unsur tersebut membuat Flat Design dibuat tanpa Effect sama sekali. 
dalam Teknik Flat Design lebih menekankan pada Penggunaan Warna yang solid, typography dan elemen UI (User Interface) yang lebih sederhana. Kelebihan dari Flat Design adalah bisa digunakan pada Tampilan Responsive Web  Design.

Flat Design sangat bermain dengan Warna tanpa warna. mungkin Ciri Khas pada Flat Design tidak melekat sangat kuat pada jenis desin ini. Peran warna dalam flat design sangatlah penting sekali, dalam pemilihan warna yang pas dengan tema itu sangat membantu dalam membentuk flat design yang simple yang terlihat enak dipandang. 

Flat Design pada Typography pastinya juga berperan pada penggunaan Huruf dalam pembuatan designnya. Menurut saya, setelah saya observasi bahwa Flat Design pastinya membutuhkan Font yang sangat melekat pada Warna Flat tersebut. dan rata-rata font yang digunakan adalah Font yang Tipis dan tanpa ada Cabang sama sekali.


SEJARAH FLAT DESIGN

Awalnya Flat Design itu dari Seni Swiss Design yang dikembangkan dan diperkenalkan antara tahun 1940 sampai 1950-an di Swiss. Seni Swiss Design ini fokus pada penggunaan grid, tipografi (font) sans-serif, dan hirarki konten yang bersih dan tata letak (Layout).

Dan pada tahun 40-an sampai 50-an, Desain Swiss ini sangat mengkombinasikan objek-objek benda yang besar namun didesain dengan tampilan secara sederhana (simple) dengan tipografi yang sangat minim. Seiring perkembangan zaman yang pada tahun 1980an yang bermunculan banyak jenis-jenis desain, dan pada tahun itulah Flat Design Muncul dengan perkembangan dan teknik yang baru dan efisien.

Pada zaman dulu Flat design sangatlah sederhana tanpa inovasi dan variasi sama sekali. Namun pada Zaman sekarang dengan teknologi yang sangat berkembang pesat Flat Design sangat digemari
oleh desainer-desainer untuk mengembangkan Desain simple ini.

Pada tahun 2013-2014an ini Flat Design sudah sangat berkembang pesat dan terkenal. dan tak banyak orang-orang menggemari Design ini.
Penggunaan Desain ini sudah digunakan pada tampilan Desain Website, Brosur, poster, Aplikasi Mobile, Icon, infograpik dan masih banyak lagi.
dan Penggunaan Flat Design ini bahkan sudah di kembangkan dalam bentuk Animasi dari itu Kartun, Efek Opening Video bahkan Motion Graphics.


JENIS-JENIS FLAT DESIGN

Setelah kalian sudah tau mengenai Pengertian dan Sejarah tentang Flat Design, ada baiknya kalian harus melihat dan mengerti tentang Jenis dan Contoh Flat Design yang sangat terkenal ini.
Inilah penjelasan sedikit dari saya tentang Jenis Flat Design.

1. BROSUR FLAT DESIGN
Brosur (Brochure) yang kita tahu adalah Lembaran kertas yang digunakan untuk menyampaikan atau mempromosikan sebuah informasi, jasa ataupun produk kepada khalayak ramai. dan sekarang Flat Design sudah merambah pada Brosur dan dimana kita lihat Flat Design bertujuan agar mudah dilihat dan dicerna oleh pembaca terhadap informasi yang dilihatnya.



 2. ICON FLAT DESIGN
Flat Design jenis ini sangatlah yang sering kita lihat dalam aplikasi gadget ataupun di internet.
yap, sekarang Flat Design membuat Icon lebih simple dengan teknik design cirikhasnya yang diterapkan pada Objek icon tersebut. membuat sekarang kita tidak sakit mata ketika melihat icon pada aplikasi maupun di internet. bahkan Tema pada handphone sekarang rata-rata iconnya menggunakan Teknik Flat Design.



3. CHARACTER FLAT DESIGN
Character Flat Design adalah Jenis Flat Design yang sering muncul pada Video Animasi yang sudah dikembangkan oleh Animator-animator yang melihat bahwa Flat Design juga bisa diterapkan pada Animasi dan membuat Animasi itu lebih simple dan efisien dan sangat mudah dicerna oleh pembaca terhadap informasi yang disampaikan.




4. INFOGRAPHIC FLAT DESIGN
Infographic Flat Design ini sangat jarang kita lihat dan saya sendiri melihat bahwa infographic sering digunakan pada berita-berita yang dimana menyampakan informasi menggunakan infographics. dan salah satu nya ada di CNN Indonesia di TV. dan menurut saya Jenis Flat Design ini sering dimasukkan kedalam Design CV untuk menarik pembaca termasuk salah satu faktor akan penerimaan pekerjaan terhadap CV yang kita buat.




5. OBJECT FLAT DESIGN
Menurut saya, jenis flat design ini adalah Flat design sangat dasar, yang dimana Flat Design ini adalah Design yang dimana membuat Objek yang kita buat dengan simpel dilihat. layaknya Flat design. dimana Object flat design yang dapat dikembangkan menjadi Infographic Flat Design, Icon Flat Design bahkan CV Flat Design.




6. CV FLAT DESIGN
CV Flat Design adalah Jenis Flat Design yang sangat banyak digemari oleh designer-designer vektor, yang dimana Flat Design jenis ini sangatlah mudah untuk di inovasi maupun divariasikan ke dalam banyak tampilan design CV. bukan hanya itu CV yang kita terapkan kedalam Flat Design ini sangat mudah untuk di telaah informasi pada dalam CV yang kita cantumkan kedalam CV tersebut.






SOFTWARE MEMBUAT FLAT DESIGN
Apakah kalian sudah mengerti tentang apa itu Flat Design ? dari pengertian, sejarah dan contoh-contoh yang sudah di jelaskan diatas tadi ? kalau iya, apakah kalian ingin mencoba membuat Flat Design ini ?

Membuat Flat Designlah Mudah-mudah susah. dikarenakan Peletakkan Layout dan sudut pandang yang dimana menjadi letak suatu cirikhas dari flat design ini. jika salah maka fatal lah akibatnya,
90% Design berjenis Vektor. dan pembuatannya harus dibuat dari Software Vektor. terus apa software yang bagus dan sering digunakan para penggiat dan pembuat FLAT DESIGN ? 

Ini dia Software-software nya.



1. ADOBE ILLUSTRATOR

Adobe Illustrator adalah salah satu Software dikeluarkan oleh adobe, dan Software ini adalah berjenis Vektor. dan aplikasi ini memiliki 2 Jenis yaitu CS dan CC. dari kedua jenis itu sudah menghasilkan banyak versi. dan yang terbaru sekarang adalah Adobe Illustrator 2017. kalian bisa mendownloadnya di Blog ini (Coming Soon). 

Software ini sering digunakan oleh professional Designer. termasuk membuat Flat Design yang dimana memiliki fitur dan Tools yang lengkap untuk mempermudah dalam pembuatan Design simple ini. tetapi dalam Interface pada software ini kurang friendly untuk pemula. jadi kalian harus mengerti dahulu dari tampilan sampai ke fungsi tools pada software ini.



2. COREL DRAW

Corel Draw adalah Software yang di buat oleh COREL untuk membuat Design-design vektor dan melukis digital. dan Software ini sangat friendly untuk pemula. dan Tools yang sangat mudah dimengerti. tetapi kelemahan menurut saya adalah dalam pewarnaan di software ini kalah jauh dari Illustrator dalam pembuatan Flat Design. 



3. INKSCAPE

Software ini juga termasuk Software Vektor yang sering digunakan oleh Designer selain dari kedua diatas tadi. dan Software ini tentunya OpenSource yaitu GRATIS dari kedua Software diatas. dan tentu saja kita menggunakannya secara Legal. Interface Software Inkscape ini hampir mirip dengan Corel Draw. hanya saja Corel Draw sangat kaya dengan Tools dan Fitur yang mempermudah dalam mendesign menurut saya. tetapi inkscape tidak kalah juga dalam membuat Flat Design apalagi Pemula yang menggunakannya.



COLOR PALLETE FLAT DESIGN

Color Pallete adalah bidang yang berisi kotak-kotak dengan warna pilihan dari sistem warna.
color pallete ini berfungsi untuk sebagai pengganti warna dalam pewarnaan bidang pada objek yang akan dibuat sebagai flat design nantinya. Color Pallete ini sama seperti pewarna pada kita untuk melukis atau menggambar.


Color pallete ini sangat penting sebagai penunjang pembuatan Flat Design nantinya. tentsu saja juga untuk mempermudah pembuatan FLAT DESIGN, sehingga kita tidak memilih warna-warna yang salah dan tidak melambangkan warna yang flat. dan Pallete ini bisa kalian cari digoogle dalam bentuk JPG atau PNG. dan Tools yang sebagai pengambil sample warnanya dan pemberi warnannyaa adalah Eyedropper Tool dan Paintbucket Tool.




Jadi menurut kalian Apakah kalian ingin masuk kedalam bidang ini ? dan membuat sebuah FLAT DESIGN ? sudah tau Software mana yang mau digunakan ?

Atau ada pengalaman yang ingin dishare tentang FLAT DESIGN ? silahkan dishare melalui kolom komen ya!

Saya juga pernah membuat FLAT DESIGN
kalian bisa melihat nya di Instagram saya @GOESZHARE
Jangan lupa difollow ya! ^0^ !!


Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang FLAT DESIGN. mungkin belum lengkap 100% 
tetapi insyaAllah kalau ada waktu bakal dilengkapin lagi deh. hehehe!

kalau ada salah kata atau memang yang tidak benar apa yang saya jelaskan dengan kebenaran adanya diatas, saya mohon maaf karena saya hanyalah manusia biasa.

JANGAN LUPA untuk mengSHARE Artikel ini ke Social Media kamu jika menurutmu artikel ini bermanfaat. tetapi jangan dishare jika artikel ini tidak bermanfaat sama sekali untuk kamu.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik!!.

SAYA BAGUS RAMANDA
SEE YOU AND KEEP WALKING!!






Related Articles