Wednesday, July 26, 2017

5 Bahaya Penggunaaan VPN Gratis




Halo Semua..
Saya Bagus Ramanda
Welcome to Goesz's Journal

Kali ini Aku bakal memberikan 5 Bahayanya Pemakaian VPN Gratis yang digunakan untuk
keperluan User di Internet.

Sebelum Saya memaparkannya, mari kita ketahui dahulu apa itu VPN?

 VPN adalah singkatan dari “Virtual Private Network”, merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung. Dan disebut Private Network karena VPN sifatnya privat maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet, itulah definisi dari VPN.

VPN ini sering disebut sebagai koneksi yang sangat aman dibandingkan Koneksi Internet biasanya, dan memiliki banyak Manfaat atas penggunaannya
tetapi tidak juga sedikit akan Kekurangan pemakaiannya apalagi Dampak penggunaan VPN tersebut nantinya.

Berikut Pemaparannya.


1. Illegal Selling Data (Penjualan Data Secara Illegal)

Salah Satu bahaya yang bakal kalian temui ketika kalian menggunakana VPN Gratis adalah Resiko Selling Data atau Penjualanan Data secara illegal. Jadi untuk kalian pengguna VPN berbayar tidak usah khawatir untuk masalah ini karena Penyedia VPN berbayar pada umumnya, memiliki Aturan yang ketat dan Jaminan terhadap
Selling Data ini.

Mulai dari sekarang para pengguna VPN Gratis harus berhati-hati karena sudah banyak kasus dari berbagai Negara yang sudah membuktikan bahwa Sang Penyedia VPN Gratis terkadang menjual data para penggunanya kepada Pihak ketiga seperti korporasi yang ingin mengirim spam ke-email korban atau bahkan Hacker sekalipun bakal menghantui penggunanya. tetaplah berhati-hati dalam penggunaan VPN.


2. Penggunaan IP User dijadikan Network End-Point

Masalah lain juga yang dapat merugikan atau membayakan Para pengguna VPN Gratisan adalah Penggunaan IP para User VPN Gratisan akan digunakan sebagai Network End-Point yang akan menggunakannya. Apa itu Network End-Point? Network End-Point adalah Batu loncatan untuk meningkatkan Bandwith layanan VPN milik mereka kemudian mengalihkannya untuk meningkatkan kecepatan internet pelanggan lain yang mereka anggap lebih menguntungkan mereka.


3. Resiko Man in the Middle Attack


Selain Masalah Selling Data dan Network End-Point, biasanya penyedia layanan VPN Gratisan juga berpotensi melancarkan serangan Man in the Middle.

Apa itu Man in the Middle ? Man in the Middle adalah Suatu serangan terhadap sistem komputer yang saling berkomunikasi satu sama lain, yang dimana sipenyerang berada di tengah-tengah jalur komunikasi tersebutuntuk membaca, membajak, ataupun mencuri data para User mungkin juga menyisipkan Malware. Perlu kamu ketahui, bahwa ketika kita menggunakan VPN apalagi VPN Gratisan, Data kita akan mengalir melalui server layanan VPN tersebut.


4. Kebocoran Data dan IP


Bahaya yang keempat ketika kita menggunakan VPN Gratisan adalah Bocornya Data atau IP pengguna (User) ke Publik. Cara kerja VPN seperti Terowongan dimana koleksi kita sebagai 
Pengguna melewati suatu jalur 'Rahasia' untuk sampai ketujuan yaitu internet.
dan Biasanya pada Penyedia VPN Gratis tersebut, Jalur Rahasia yang mereka gunakan memiliki banyak kebocoran atau lubang, sehingga kemungkinan data dan Alamat IP kita bisa bocor ke Publik melalui lubang tadi.

Dan jika Data dan Alamat IP kalian Bocor sebagai pengguna VPN Gratisan tersebut, maka bersiap-siaplah maka Malware dan Hacker akan menghampiri Device anda. 


5. Munculnya Adware

Bahaya yang terakhir adalah Adware, Kebanyakan dari Penyedia Layanan VPN Gratisan adalah mengandalkan pendapatannya melalui Iklan-iklan yang dipasang oleh Pihak ketiga pada Website mereka. Tentu saja iklan-iklan yang diapsang tersebut dapat mengganggu kenyaman pengguna dan tidak menutup kemungkinan Iklan yang dipasang tersebut telah disisipkan malware atau Aplikasi lain yang otomatis akan terdownload dan terinstal pada komputer kita ketika Iklan tersebut terbuka.


Mungkin itulah 5 Bahaya menggunakan VPN Gratisan, jadi apakah kalian masih ingin menggunakannya? Mungkin harus berhati-hati dan berani menerima resiko. atau ada dari pembaca yang sudah menjadi korban ? 

Share pengalaman Kamu dikolom komentar dibawah. 

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk SHARE! 

Saya Bagus ramanda
See You and Keep Walking!

SUBCRIBE MY YOUTUBE CHANNEL!

Related Articles